DEFINISI WEB SCIENCE DAN SEJARAH WEB SCIENCE
1.
Pengertian Web
Science :
Web Science adalah ilmu pengetahuan
untuk membuat dan memanipulasi web, Web adalah kumpulan halaman yang dapat
menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan
dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk
rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science
adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi
masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
2 .
Sejarah WEB:
WWW atau World Wide Web. Sebuah kata yang sangat tindak asing di telinga
kita. Terutama anda yang sering mondar -mandir di dunia maya. Jika ingin masuk
ke suatu website pasti anda mengetik awalan tersebut. Misalnya anda ingin
membuka akun facebook anda, di kotak alamat anda pasti mengetikkan
www.facebook.com. tahukah anda sejak kapan penulisan www mulai dipakai di jagat
web?.
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih
dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss.
CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan
Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu
protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para
anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan
untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan
suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai
mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan
software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem
Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat
itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya
browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web
browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk
digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari
pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan
versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan
Macintosh.
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web
browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk
digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari
pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan
versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan
Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim
Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi
pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web
browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak
digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya
terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang
mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai
Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
a.
Pre-Web
Terdapat macam-macam Pre-Web,yaitu :
Pre-Web
Internet :
Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai
jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai
komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya
terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang
dinamis dan interaktif.
Sejarah Internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan
internet.
Sejarah internet dimulai pada 1969
ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects
Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program
riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer
yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia
ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah
sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga
diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika
Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang
ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang
sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan
sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu
Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment
di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di
ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim
Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama
USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan
telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan
dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun
1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau
IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer
tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di
negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan
jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun
1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau
Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah
melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke
jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus
memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer
yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak
kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah
tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor
dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang
lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau
Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah
melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the
internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman,
dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.
Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga
sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Manfaat Internet
Secara umum ad banyak manfaat yang
dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini
sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan
pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2.
Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai
forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal
batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang
biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas
dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati
segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama
antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan
waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia,
sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan
menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
Pre-Web
Usenet
Sejarah Usenet
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis
mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun
1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting,
dan secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih
yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin
Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai
forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap
sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut
topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web
dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan.
Salah satu perbedaan penting antara BBS atau forum web dan Usenet adalah
tidak adanya server pusat dan administrator khusus. Usenet didistribusikan
antara konglomerasi besar yang terus berubah dari peladen-peladen yang
menyimpan serta meneruskan pesan satu sama lainnya. Peladen-peladen ini secara
longgar terhubung dalam jejaring tidak tetap. Polanya mirip dengan peta
transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa cara untuk sampai ke titik
manapun di kota. Jika salah satu jalan akan diblokir karena alasan tertentu,
ada jalan lain selalu tersedia untuk sampai ke sana. Dengan cara ini, Jaringan
Pengguna atau Usenet memungkinkan artikel yang diposkan ke newsgroup sampai ke
banyak tujuan dengan cepat. Seorang pengguna dapat membaca pesan dari peladen
dan menuliskan pesan ke peladen lokal yang dioperasikan oleh penyelenggara jasa
internet, universitas atau perusahaan. Peladen kemudian saling bertukar pesan
satu sama lainnya, hingga pesan tersedia bagi pembaca di luar peladen asli.
Pengertian Usenet
Usernet adalah sistem diskusi Internet
yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna
UUCP dari nama yang sama.
Kelebihan :
-Usenet memungkinkan untuk bertukar
informasi secara kompleks dan lengkap.
-Mempunyai system yang hampir sama
dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas dan
informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat membaca
pesan dari dan ke server lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia layanan
Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu
berpengaruh.
Kekurangan :
-Usenet bukan organisasi, demokrasi,
hak, jaringan akademis, media iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada
kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan kesalah
pahaman dalam hal kajian informasi.
Pre-Web
Ftp
FTP (File Transfer Protokol)adalah salah satu protocol
tertua yang pernah ada di internet. Walaupun sudah tua FTP tetap menjadi jenis
layanan yang kerap kali dimanfaatkan oelh pengguna internet terutama untuk
mendownload software atau hal lainnya. FTP telah ada semensemenjak dua puluh
tahun di sejarah internet sehingga protocol ini sudah memiliki standard yang
baik. Fungsi FTP ini lebih banyak dikenal oleh orang-orang yang bekerja di
dunia website atau pelayanan pengiriman file-file di internet.
Protokol pengiriman berkas (bahasa Inggris File Transfer Protocol) adalah sebuah
protokol Internet yang berjalan
di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file)
komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Ftp )
Pre-Web Gopher
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Ftp )
Pre-Web Gopher
Gopher adalah protokol layer
aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu,
protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap
awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas. Gopher diciptakan oleh Mark
McCahill dan timnya di University of Minnesota pada 1991.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native
Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan
di dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk
lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi
terminal komputer, yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991,
dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien.
Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk
multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna
untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher
ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih
terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar
digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh
penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.
b.
Versi Web (web 1.0 2.0 3.0)
Versi web itu bermacam-macam.yaitu :
WEB 1
Web 1.0 merupakan teknologi Web
generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah
mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang
dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan
informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif boleh dibilang pada web
1.0 ini bersifat read-only.
Beberapa ciri atau karakteristik web
1.0. adalah:
1. Merupakan halaman web yang statis
atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai
html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan
semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang
dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
WEB 2
Sejarah WEB 2 :
Web 2.0 setelah Web 1.0 diluncurkan berkembanglah Web
2.0. Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada
tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi
dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh
O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0
pertama pada tahun 2004, merujuk pada generasi yang
dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan
sosial, perangkat komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada
kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya
bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk
sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah
mengadopsi ungkapan ini.
Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web. Mengacu pada Tim Oreilly, (http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2 )
Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web. Mengacu pada Tim Oreilly, (http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2 )
Prinsip-prinsip Web 2 :
·
Web sebagai platform
·
Data sebagai pengendali utama
·
Efek jaringan diciptakan oleh
arsitektur partisipasi
·
Inovasi dalam perakitan sistem serta
situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan
independen (semacam model pengembangan "open source")
·
Model bisnis yang ringan, yang
dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
·
Akhir dari sikllus peluncuran
(release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
·
Mudah untuk digunakan dan diadopsi
oleh user
·
WEB 3
Web 3.0 definisi
untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile
sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand . Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada
dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki
isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang
dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents).
WEB SCIENCE
Kelahiran Web Science didorong oleh
pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada
tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Sejarahnya web science muncul dari sebuah riset para
ilmuan-ilmuan. Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan
memanipulasi web. Pada Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan
juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
Tujuan dari web
science : untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui source code dari web itu
sendiri dan bagaimana kita dapat memanfaatkan web tersebut untuk melakukan hal
yang positif.
c.
Pertumbuhan social dan ekonomi
WEB untuk pertumbuhan sosial dan
ekonomi
a. Dampak positif
teknologi di bidang sosial
- Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak
pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang
posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia
bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan
pekerjaan pria semakin menonjol.
- Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di
negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan
ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu
bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan
bangsa-bangsa Asia.
- Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek
kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang
disiplin, tekun dan pekerja keras.
Sementara dampak negatif yang diberikan terhadap dibidang
sosial adalah :
1.Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya
di kalangan remaja dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang
terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah
menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin
dalam rohani”.
2.Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin
meningkat semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat,
seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan
sentripetal yang berperan penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya
bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan
pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,pelanggaran
lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran
komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah merubah
pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah membuka
peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program internet
relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik dengan
kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet memberipeluang
kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet. Kini
semakin banyak orang yang menghabiskanwaktunya sendirian dengan komputer.
Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anakbisa asyik
mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
b. Dampak teknologi komputer di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari
kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut
pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan
perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja
dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.
Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan
tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan
tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang
kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi
komoditi
Dalam bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada
aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar
dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa
suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya
dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun
dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan
di internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas
dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis
produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang
akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak
perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting.
Sumber :
http://postaven.blogspot.co.id/2013/03/webteknologi-untuk-pertumbuhan-sosial.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar